Bagi para pebisnis, selain memulai usaha dengan jerih payah luar
biasa. Ternyata ada satu hal lagi yang perlu dikejar adalah peningkatan
penjualan. Bahkan banyak pebisnis rela merogoh kocek lebih dalam agar bisa
mendapatkan timbal balik yang lebih besar
Tahu nggak sih, bahwa urusan peningkatan penjualan itu bukan hanya
sekadar menjual suatu produk terus para konsumen dating dan membeli. Terlihat
sederhana, tetapi fakta di lapangan tidak sesimple itu.
Jika semua usaha yang digeluti bakal berjalan mulus, maka pastinya setiap sudut kota bakal dipenuhi dengan berbagai jenis pedagang. Faktanya nggak loh. Malah banyak juga yang baru mulai merintis usaha, terus lama-kelamaan gulung tikar.
Sulitnya menghadapi persaingan untuk usaha sejenis hingga biaya operasional besar menjadi tantangan tersendiri dan pastinya tidak sebanding dengan penjualan. Makanya tidak heran jika berbagai cara dilakukan oleh para pemilik usaha agar bisa meningkatkan penjualan.
Langkah Awal Pebisnis Dalam Menggaet Pembeli
Urusan menggaet pembeli dalam suatu usaha sudah pasti merupakan hal vital. Kebayang nggak sih, roda perputaran usaha terletak pada bagian ini. Semakin banyak pembeli maka usaha pun bisa bertahan dengan baik. Begitupun sebaliknya.
Beberapa cara yang bisa dilakukan pengusaha dalam meningkatkan penjualan antara lain:
1. Survey Harga Pasar
Nah. Survey harga pasar, sangat penting untuk mengetahui bahwa berapa sih harga barang sejenis atau para kompetitor dalam menjual barang tersebut. Bagi para pebisnis, survey harga pasar pastinya bertujuan untuk mengetahui harga jual barang nantinya sekaligus melihat peluang persaingan di usaha yang sama.
Makanya jangan heran loh jika satu jenis barang yang sama memiliki harga yang berbeda-beda pula, meskipun selisihnya hanya 500 perak. Tetapi di sini lah letak menariknya dari survey pasar. Menentukan harga awal penjualan yang lebih rendah sedikit dibandingkan para pesaing pendahulunya agar bisa menarik calon pembeli.
2. Memahami Kebiasaan Pelanggan
Ada nggak yang pernah melihat sebuah toko memberikan harga spesial di jam tertentu? Atau malah jam buka toko yang disesuaikan dengan kondisi sekitar. Nah, ini adalah salah satu cara dalam melihat peluang berdasarkan kebiasaan pelanggan.
Contoh simpelnya gini, saat pebisnis lain punya jadwal buka toko dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 08.00 malam, ternyata ada juga loh pengusaha yang membuka tokonya 24 jam penuh dengan alasan bahwa banyak pelanggan yang membutuhkan produk mereka ketika toko lain tutup. Ini menarik karena dengan memahami kebiasaan pelanggan seperti ini, maka bisa meningkatkan penjualan.
3. Memberikan Potongan Harga
Hampir semua pengusaha mengandalkan sistem ini dalam menggaet calon pembeli. Dalam psikologis pembeli, potongan harga memberikan daya tarik tersendiri. Bahkan bisa menjadi bahan perbincangan di circle pembeli.
“Biasanya pembeli bakal memberikan informasi ke teman-teman mereka terkait diskon atau promo. Apalagi jika targetnya adalah para kalangan milenial yang suka nongkrong dan biasa membeli barang yang sama.Potongan harga ini bakal menjadi perbincangan di kalangan mereka”.
Pemberian potongan harga pun, bisa banget loh disesuaikan dengan keadaan para calon pembeli. Seperti promo payday yang sering berseliweran ketika waktu gajian tiba.
4. Gencar Mengadakan Promosi
Selain memberikan potongan harga, ternyata fakta di lapangan belum tentu memberikan efek signifikan dalam meningkatkan penjualan. Makanya banyak juga para pebisnis mengandalkan promosi pada berbagai media untuk menggaet calon pembeli.
Jujur, saya sendiri pun terbiasa menikmati berbagai media sosial termasuk iklan di dalamnya. Nah, jika tertarik dengan suatu produk maka pastinya segera mengecek dengan seksama iklan yang menarik perhatian. Bahkan langsung stalking detail deskripsi termasuk lokasi dari iklan yang lewat tersebut. Hal seperti ini lah ternyata menjadi salah satu peluang bagi para pebisnis dalam meningkatkan penjualan.
Cuma kendalanya adalah tidak semua pebisnis punya keahlian atau tim untuk mengurus digital marketing sehingga butuh namanya advertising agency atau creative agency dalam menjalankan promosi digital. Tetapi jangan sampai salah
Memilih Digital Agency Indonesia
Layaknya memilih jodoh yang kata orang harus memperhatikan bibit, bebet dan bobot agar tidak menyesal dikemudian hari. Begitupun dengan memilih digital agency Indonesia terpercaya yang bakal membantu dalam meningkatkan penjualan buat para pebisnis.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan menggunakan jasa digital agency Indonesia adalah:
1. Terpercaya; artinya digital agency ini sudah dikenal dan banyak menghandle merek-merek ternama lainnya.
2.
Tim support
yang solid: artinya digital agency ini bisa diandalkan dalam menggarap suatu
campaign dengan tim yang mendukung secara optimal.
3.
Good KPI (Key
Performance Indicator): artinya para agensi digital di Indonesia mampu
memberikan KPI yang jelas dan mendukung penjualan nantinya
Rekomendasi Digital Agency Jakarta dan Peran Pentingnya
Berbicara terkait rekomendasi digital agency Jakarta atau bahkan digital agency Indonesia pastinya tidak terlepas dari kiprah agensi itu sendiri. Makanya saya sendiri sih jika ditanya terkait jasa digital agency Jakarta maka yang terlintas pertama kali adalah Redcomm.
Loh kok bisa Redcomm? Jadi, sebelumnya saya sudah membuat ulasan terkait tips memilih digital marketing agency, dimana saya merekomendasikan Redcomm. Kala itu Redcomm sudah memiliki pencapaian Gold Winner.
Nah, saat ini ternyata prestasi luar biasa kembali ditorehkan. Redcomm sebagai Agency of the year 6 tahun berturut-turut, kebayang nggak tuh. Enam tahun berturut-turut loh.
Sekadar informasi saja bahwa penghargaan seperti ini merupakan salah satu bukti bahwa Redcomm menjadi salah satu agensi digital di Jakarta dengan performa terbaik. Makanya tidak heran, jika banyak perusahaan besar bekerja sama dengan RedCom. Bukan hanya mengandalkan kekuatan tim, tetapi juga selalu memperhatikan kehandalan hasil dari campaign digital yang dihandle oleh Redcomm.
Peran penting dari digital agency pastinya adalah meningkatkan branding perusahaan agar dekat dengan calon pembeli sekaligus tepat sasaran. Makanya tidak heran, jika banyak pebisnis saat ini memilih Redcomm sebagai digital agensi yang spesifik mengurus digital marketing untuk meningkatkan branding produk. Jika branding sudah terbentuk maka ujung-ujungnya bakal meningkatkan penjualan. Percaya deh.
Ilmu daging banget ini kak.. Jadi tau apa yang harus kita lakukan untuk marketing. Tarankyuu.
ReplyDeleteSekarang banyak sekali digital agency, jadi kita perlu pilih-pilih banget yang terpercaya. Setelah baca ulasan diatas, Redcomm sudah terpercaya dan lama bergerak dibidang ini.
ReplyDeleteKerjasama pebisnis dan digital agency pasti sangat perlu.. memang perlu cost tambahan tapi penting juga awardness yg jaman sekarang lebih efektif di dunia digital..
ReplyDeleteWih keren banget redcomm udah dapat penghargaan. Sekarang zaman serba canggih ya, harus banget kita menggunakan jasa digital agency yang terpercaya dan juga trusted. Biar bisnis makin meningkat dan berkembang
ReplyDeleteSeiring meningkatnya kesadaran akan digital marketing, agency digital banyak berdiri bak jamur di musim hujan ya
ReplyDeletetapi untuk menggunakan jasanya harus teliti dan cari yang terpercaya
Wow keren nih redcom, 6 tahun berturut-turut dapat penghargaan. Jasa digital agency dalam mengurus digital marketing sangat membantu untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis ya
ReplyDeleteRedcomm rekomended untuk digital agency Jakarta ya kak, sudah dapat penghargaan berkali-kali.
ReplyDeleteSetuju sih kalau misalkan mau kerja sama sama digital agency buat meningkatkan penjualan itu harus milih-milih yang terbaik. Milih redcomm misalnya yang udah berpengalaman dan dapat penghargaan yang sama 6 tahun berturut-turut. Udah pasti digital agency-nya terbaik dan konsisten
ReplyDeleteRedcomm emang reputasinya bagus. Nggak salah memepercayakan pada digital agency satu ini karena dapat memberikan dampak yg bagus buat penjualan produk.
ReplyDeleteDulu aku berpikiran kalau jualan itu cukup banyak yang beli. Selesai. Tetapi, tidak segampang itu juga kalau mau usaha jala terus, harus paham kondisi pasar dan customer. Di era digital sekarang untung ada digital agency, jadi bisa konsultasi dan meminta bantuan untuk kelancaran usaha.
ReplyDeleteBener banget sih jaman sekarang harus melek brandingan biar dilirik masyarakat. Jangan sembarang pilih digital agency, yg ada malah kpi ga tercapai. Paling bener emang pilih redcomm sih soalnya udah berpengalaman dan terpercaya.
ReplyDelete