MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Tips Travel On A Budget ke Destinasi Impian Dalam Negeri

Tips Travel On A Budget ke Destinasi Impian Dalam Negeri
Add Comments
20 October 2024

 

Kerja dan traveling adalah dua kata yang saling berhubungan. Banyak orang yang kerja keras layaknya workaholic agar hasilnya bisa untuk financial freedom sekaligus menikmati traveling ke destinasi Impian. Begitupun dengan traveling. Pasca traveling ke suatu destinasi wisata yang diimpikan pastinya bakal memberikan kesan fresh, damai, tentram dan menyenangkan. Ujung-ujungnya setelah masuk kerja, jauh lebih fresh. 

Tips travel on a budget

Karena dua kata ini saling berhubungan makanya sekarang banyak orang mempertimbangkan travel on a budget. Bukan karena tidak mampu untuk liburan mewah tetapi lebih ke arah menerapkan frugal living.

Sekadar informasi nih, frugal living adalah gaya hidup yang menekankan pada konsep penghematan uang tanpa mengesampingkan kenyamanan, alias hemat sekaligus efektif.

Nah, sebagai pekerja kantoran salah satu konsep frugal living yang bisa dijalankan agar keseimbangan kerja tetap terjaga adalah travel on budget. Oh iya, perlu juga diingat bahwa, meskipun secara konsep frugal living bisa dilakukan oleh semua orang dalam traveling tetapi tidak semua orang tahu cara memulainya. Apalagi jika ingin liburan ke destinasi Impian dalam negeri. Tahu sendiri kan, tiket domestik itu jauh lebih mahal dibandingkan dengan tiket pesawat ke luar negeri. Seperti yang pernah saya tuliskan dalam tips hemat liburan ke KualaLumpur dan Singapura. 

Tips Liburan Hemat Ke Destinasi Impian Dalam Negeri

Saya sering heran loh, kenapa sih tiket penerbangan domestik itu mahal dibandingkan ke luar negeri. Padahal kan waktu tempuhnya sama. Makanya sering bingung, apalagi buat pemula jika ingin liburan hemat dalam negeri.

Hunting tiket murah

Khusus kali ini, saya akan memberikan tips travel on budget buat para pekerja atau generasi milenial ke destinasi impian dalam negeri agar liburannya berkesan dan bisa hemat pengeluaran. Seperti apa itu? Berikut penjelasannya.

1.      Hunting Transportasi Dengan Harga Terbaik

Percaya atau tidak untuk urusan liburan salah satu komponen biaya terbesar adalah transportasi. Sehingga perlu banget untuk hunting lebih awal dan jauh-jauh hari transportasi yang akan digunakan.

Khusus yang berada di pulau jawa, transportasi umum yang bisa digunakan adalah kereta api, bus atau travel. Sedangkan untuk ke luar jawa, umumnya menggunakan kapal laut atau pesawat. Masing-masing jenis transportasi ini menyediakan harga beragam di berbagai kelas. Tetapi ada tips yang bisa digunakan untuk menghemat biaya perjalanan transportasi antara lain:

Follow media sosial moda transportasi yang ingin dipakai

Loh kok gitu? Jadi gini, dengan memfollow media sosial maka kita tidak akan tertinggal informasi penting terkait transportasi tersebut termasuk didalamnya adalah info tiket promo, diskon pembelian atau bahkan giveaway gratis ke destinasi yang kita inginkan. Cocok banget bukan dengan gaya hidup generasi Z yang berkutat dengan medsos. Bisa sekalian hunting promo transportasi.

Manfaatkan travel fair

Di kota-kota besar, travel fair pastinya sering dilaksanakan. Baik di mall-mall maupun di lokasi strategis lainnya. Selama travel fair biasanya memberikan harga khusus transportasi ke suatu lokasi, jadi jangan lupa untuk siap-siap hunting tiket murahnya.

Selain itu juga terkadang OTA (online travel fair) menyelenggarakan promo dan diskon yang menggiurkan untuk rute-rute penerbangan tertentu. Jadi, jangan sampai ketinggalan promo travel fair agar tiket ke destinasi domestik yang diinginkan bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

Kumpulkan miles loyalty keanggotaan

Banyak jalan menuju rumah, termasuk banyak cara untuk mendapatkan tiket murah bahkan gratis dengan program miles loyalty keanggotaan. Nah, bagi yang belum tahu apa itu miles loyalty keanggotaan jadi program ini tuh memberikan kesempatan kepada semua orang untuk terbang gratis hanya dengan menukarkan sejumlah poin tertentu.

Saya sendiri sudah terdaftar sebagai anggota Garuda Miles dan untuk mengumpulkan poin tidak harus terbang terus dengan Garuda cukup dengan belanja menggunakan kartu tertentu (Co-Brand Garuda) yang kemudian akan dikonversi ke dalam miles Garuda tentunya.

Garuda Miles
Garuda Miles Program 

Contohnya jika ingin terbang dari Jakarta ke Palu cukup dengan menukarkan miles sebesar 21.600. Simpel banget dan worth it. Kapan lagi kan, bisa terbang gratis dengan Garuda hanya mengandalkan poin.

2.      Booking Penginapan Lebih Awal

Biaya terbesar kedua, saat liburan setelah transportasi adalah penginapan. Sharing pengalaman, selama perjalanan keliling Indonesia hingga mencapai rekor 30 provinsi yang dikunjungi bahwa melakukan booking penginapan lebih awal umumnya diperoleh harga terbaik. Makanya saya sering melakukan booking penginapan jauh hari sebelum waktu liburan.

Selain booking lebih awal, juga bisa banget melakukan booking penginapan saat promo hotel yang diinginkan atau OTA berlangsung. Berikut beberapa jenis promo OTA yang sering adalah OTW dan Gledek dari tiket.com serta Epic Sale dari Traveloka.

Oh iya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan juga saat booking penginapan agar traveling tetap nyaman dan efisien.

Fasilitas penginapan

Jika perjalanan yang dilakukan dengan tujuan staycation pastinya pilihlah penginapan dengan fasilitas lengkap. Saya sendiri punya standar terkait fasilitas lengkap ini seperti harus memiliki kolam renang dan banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Namanya juga staycation, ingin menikmati semua fasilitas tersebut tanpa harus keluar hotel.

Beda halnya dengan liburan on budget, dimana penginapan hanya sekadar tempat untuk tidur, mandi dan titip barang bawaan. Kalau konsepnya seperti ini, saran saya pesan penginapan yang biasa saja alias maksimal bintang 3. Karena toh juga waktu yang digunakan lebih banyak di luar hotel. Jadi bisa lebih hemat biaya penginapan.

Fasilitas penginapan
Kampung Mongolia sebagai salah satu fasilitas penginapan Tanjung Lesung Resort

Lokasi penginapan

Lokasi penginapan yang dekat dengan moda transportasi umum juga menjadi pertimbangan. Karena biasanya biaya transportasi umum jauh lebih murah jika dibandingkan harus naik ojol lagi atau taxi ke penginapan. Jadi, bisa menghemat biaya transportasi di kota tujuan.

Rating penginapan

Manfaatkan google review untuk melihat rating dan ulasan penginapan yang ingin dibooking. Pastikan baca terlebih dahulu reviewnya sebelum memutuskan karena saat ini, google review termasuk salah satu media untuk memberikan gambaran dari sisi pengguna jasa penginapan tersebut. Semakin tinggi ratingnya semakin baik penginapan tersebut di mata pelanggan. Ujung-ujungnya liburan bisa nyaman, tidak perlu mengeluarkan extra cost lagi karena bad mood dengan kondisi hotel.

3.      Hindari Waktu Liburan Saat Peak Season

Peak Season adalah waktu terbaik bagi para pelaku sektor pariwisata mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya. Hal ini dikarenakan jumlah peminat jauh lebih banyak dibanding ketersediaan sarana, sehingga mau tidak mau harga otomatis menyesuaikan jadi lebih mahal.

Saya sendiri menyarankan, agar menghindari traveling saat waktu liburan panjang. Sebaliknya, bagi para pecinta travel on a budget pilihlah liburan kala waktu libur biasa saja. Contohnya libur tengah tahun atau libur awal bulan selain liburan hari raya, natal dan tahun baru.

Liburan Saat Libur normal
Suasana nyaman di rumah sunset Donggala saat weekend biasa, sepi dan lebih nyaman dikunjungi

Tetapi, jika memang harus melakukan liburan saat peak season saran saya pilihlah destinasi domestik anti mainstream agar liburan lebih nyaman dan tidak terlalu crowded. Contohnya, jika orang terbiasa liburan ke pulau Pahawang maka tidak ada salahnya untuk mengalihkan liburan ke pulau pisang yang lokasinya masih sama di Lampung.

4.      Gabung dengan Komunitas Jalan-Jalan Hemat

Percaya atau tidak bahwa bergabung dan ikut dalam berbagai program pemberdayaan komunitas itu penting. Seperti saya yang tiap tahun merayakan hari blogger nasional karena memang sudah menjadi bagian dari komunitas blogger itu sendiri. Apalagi tahun ini, IWITA Kreatif Inovasi ambil bagian dalam perayaan hari blogger nasional. Di acara ini, IWITA pastinya bakal memberikan banyak insight. Nah, sama seperti urusan jalan-jalan yang memang memiliki banyak komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Baik online maupun offline.

Beberapa komunitas yang bakal membantu dan memberikan informasi terkait tips perjalanan murah, hotel murah daan destinasi keren antara lain:

  • Backpacker Indonesia: komunitas yang terbentuk karena memiliki satu visi dan misi ingin menjelajah Indonesia dengan budget hemat dan terjangkau untuk seluruh anggotanya.
  • Hotel Review Indonesia: komunitas yang memberikan penawaran terbaik untuk hotel-hotel dengan harga dibawah OTA.
  • Local Guide: komunitas besutan google berdasarkan lokasi para anggotanya yang memberikan informasi akurat suatu destinasi, tips dan trik hingga event tertentu.

5.      Susun Itinerary Sedetail Mungkin

Bagi sebagian orang, liburan itu apa adanya seperti air mengalir ikuti saja prosesnya. Tetapi jika berbicara terkait frugal living dalam travel on budget maka menyusun itinerary adalah suatu keharusan.

Kehadiran itinerary adalah sebuah guideline akan perencanaan liburan yang terstruktur termasuk pengelolaan budget didalamnya. Untuk setiap itinerary, ada unsur rencana A, B, C hingga Z yang memungkinakn dilakukan berdasarkan riset atau searching terlebih dahulu. Makanya tidak heran, jika orang yang menyusun itinerary jauh lebih paham nantinya ketika waktu liburan tersebut dilakukan karena sebagian sudah dilakukan riset yang mendalam.

Komunitas jalan-jalan

Jadi, bagi yang ingin menyusun rencana liburan hemat ke destinasi Impian dalam negeri. Jangan lupa untuk ikuti tips di atas. Tentukan terlebih dahulu destinasinya kemana baru deh, mulai menabung dan jalankan satu per satu tipsnya. Saya sih percaya bahwa, pengalaman adalah guru terbaik, maka lakukan hal terbaik untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dengan budget hemat dan efisien. Yuk dicoba.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.